Wednesday, August 31, 2016

Bandung Untuk Indonesia Mendunia

Inovasi.  Sebagai mojang Bandung, mendengar kata inovasi, secara spontan banyak hal terlintas dalam pikiran saya, terutama ketika kata inovasi itu sendiri dihubungkan dengan Bandung. Seakan-akan Bandung itu adalah definisi dari kata inovasi itu sendiri. Yup! Bandung, memang kota yang spesial, bahkan julukan Paris van Java tidak segan di berikan kepada bandung sejak dulu. Masyarakatnya terkenal kreatif, Keindahan alam, keramahan masyarakatnya, dan budayanya yang membuat Bandung semakin spesial hingga ada prakata “Tuhan  tersenyum ketika Ia menciptakan Bandung” -NN sampai “Dan Bandung, bagiku, bukan cuma masalah Geografis, lebih jauh dari itu melibatkan Perasaan” -Pidi Baiq. Bandung memang indah, bahkan dalam sejarahnya.
Meskipun begitu, dari semua keindaahan dan julukan surgawi yang dilabelkan kepada bandung, kota ini tidak selamanya berada diatas, julukan kota sampah, kota korup, sampai bandung macet pernah juga terlabel pada Bandung. begitu buruknya label bandung saat itu. Seakan tidak mau berlama-lama berada ‘dibawah’, Bandung bergeliat melawan label buruk itu. warga bandung yang memang dipenuhi dengan ide dan kreativitas seakan bergotong royong membangkitkan citra bandung. Banyak industri kreatif yang kemudian bertumbuhan dikalangan warga bandung.
Bandung bergeliat!
beberapa inovasi bandung yang di publish walikkota Bandung dalam instagramnya @ridwankamil
Seakan mendapatkan kabar baik, perlahan terdengar satu persatu warga bandung yang muncul dengan inovasi kreatifnya. Warga bandung memang melek teknologi itulah sebabnya, Bandung menjadi salah satu kota dengan pertumbuhan start up yang paling tinggi. Tidak hanya itu, industri kreatif warganya pun serba berbasis teknologi, bahkan banyak toko online seakan menjamur di bandung. Buktinya? Coba sebutkan toko fashion yang sangat terkenal dan terpercaya di Instagram, bukan tidak mungkin jika kamu memilih toko Adorable Project untuk berbelanja produk pashion dari bandung. Tidak hanya itu, orang yang melancong ke bandung pun tidak akan kesulitan untuk mencari informasi tentang tempat-tempat hang-out gaul dan keren di bandung, atau sekedar mengetahui cuaca dan kondisi lalulintas bandung lewat twitter di @infobdg atau @infobandung.
Bandung dalam genggaman anda.
Semua informasi bebas, transparan dan mudah diakses oleh siapapun. Yup si-a-pa-pun. Jangan salah, bukan hanya tentang informasi hiburan yang dilakukan dengan online. Bahkan prestasi pejabat bandung pun dinilai oleh warganya secara langsung dalam aplikasi rapot online lurah/camat setempat. Suatu inovasi daerah yang menakjubkan bukan? dan yang paling mencolok saat ini adalah penobatan bandung sebagai Smartcity. Progres bandung smart city untuk saat ini seperti, didirikannya bandung command center, panic button, bandung smart card yang semuanya itu dilakukan dengan serius. Tidak tanggung tanggung, inovasi teknologi ini diakui dunia dari ajang pemilihan World Smartcity Awards 2015 di Barcelona, Spanyol yang membuat bandung setara dengan kota Peterborough di Inggris, kota Buenos Airesdi  Argentina, kota Curitiba di Brazil, kota Moskow di Rusia, serta kota Dubai di Uni Emirat Arab.
Kemajuan bandung hingga saat ini, tidak lain dari warganya yang saling bersatu dan semangat berkarya dengan seribu ide dan kreativitas yang seakan ditakdirkan untuk warga bandung. Saling memotivasi menjadi kunci sukses warga bandung, karena saya percaya, motivasi akan lebih berasa ketika kita mendapatkannya dari pengalaman orang lain yang nyata dimata kita, dibandingkan jika hanya sekedar mendengarkan kata-kata bijak dari seorang motivator. Tidak hanya itu, dukungan pemerintah bandung juga manjadikan bandung semakin ‘nyata bergeliat’ dan bahkan siap berlari maju melewati banyak kota lainnya di indonesia, bahkan di dunia, dari Bandung, untuk indonesia.
Menakjubkan bukan? Jadi, siapa yang tidak setuju jikas saya ucapkan bahwa bandung sangat identik dengan inovasi?



 Artikel ini diikutsertakan pada Kompetisi Menulis Blog Inovasi Daerahku - https://www.goodnewsfromindonesia.id/competition/inovasidaerahku

No comments:

Post a Comment